pick

Gitar Listrik

Sebenarnya perkenalan saya dengan gitar listrik (electric guitar) belum lama. Mungkin baru 2 atau 3 tahun terakhir ini, yaitu semenjak saya membeli sebuah gitar listrik. Sejalan dengan perkenalan itu saya juga baru mempelajari cara-cara bermain gitar listrik. Dulunya saya lebih banyak menggunakan gitar klasik (yang pakai sting nylon itu). Bahkan gitar pertama yang saya miliki memiliki fret yang sangat lebar, yang cocok untuk belajar klasik.

Yang pertama kali harus saya pelajari adalah cara menggunakan pick. Sebelumnya saya memetik gitar langsung dengan jari-jari, ala gitar klasik. Maklum, tahunya dan diajari secara informal hanya seperti itu. Ketika menggunakan gitar listrik, sebagian teknik membutuhkan pick.

Ternyata tidak mudah menggunakan pick karena belum terbiasa. Saya masih belum menemukan feeling dari ujung pick, yang nantinya akan mengenai senar gitar. Petikan dengan pick menjadi kasar dan kurang akurat. Kalau pakai jari kan sudah bisa dirasakan (karena sudah terbiasa saja). Jadi nampaknya saya harus belajar untuk menggunakan pick. Karena sudah bisa main gitar, belajar yang nampaknya elementer ini menjadi membosankan.

Pick Guitar

Memilih pick ternyata juga tidak mudah karena ada bermacam jenis. Yang paling penting sebenarnya adalah ketebalan dari pick itu sendiri karena menentukan kelenturan dari pick itu. Saya coba-coba ternyata saya suka yang medium dan soft. Jadi picknya melentur. Tapi saya lihat pemain lain lebih suka menggunakan pick yang agak kerasan. Di toko musik pun kelihatannya pick yang soft kurang banyak dijual. Oh well… harus menyesuaikan diri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

guitar rock online kursus Design by Insight © 2009