I Wayan Balawan VISUALISASI MAGIC-TOUCH



Sejak Juni 2008 silam, I Wayan Balawan sudah mengabarkan ke redaksi bahwa ia tengah menggarap album baru plus video instruksional gitar berformat DVD. Sebuah berita gembira untuk dunia gitar di Indonesia. Karena sepertinya, sebelum Balawan, baru Dewa Budjana yang pernah menggarap video yang kurang lebih seperti itu. Di luar itu, belum ada gitaris professional yang melakukannya. Apalagi dengan penggarapan yang serius dan diedarkan untuk kepentingan umum. Dan pertengahan Januari 2009, akhirnya niat mulia Balawan itu pun terujud. Album solo keempat Balawan yang dikemas dalam satu paket bersama DVD berjudul ‘See You Soon’ tersebut telah dirilis oleh Universal Music Indonesia.


Bisa cerita proses pembuatan album ini?

Dari segi materi masih tetap mix, ada yang komersil juga. Tapi yang ini lebih jazz. Di sini juga ada lagu pop ciptaan Dewiq, judulnya ‘Asal Kau Mau’, memang dikasih untuk saya. Memang belum sepenuhnya idealis, karena nanti susah promonya. Makanya diimbangi dengan DVD lesson. Tadinya mau dibikin terpisah, tapi demi untuk mengurangi pembajakan. Karena di DVD ini mengajarkan cara memainkan lagu yang ada di album. Jadi memang harus berhubungan, orang harus memiliki dua-duanya. Apalagi harganya murah, dan bisa dapat dua-duanya sekaligus.

Kali ini tidak terlalu etnik dibanding album sebelumnya. Kenapa?

Soalnya mungkin yang seperti ini lebih cocok untuk Indonesia. Dan untuk gitar, saya juga bermain gitar akustik di lagu ‘I Don’t Want to Eat Alone Anymore’... hehehe, aneh judulnya. Saya sebelumnya tidak pernah bermain gitar akustik. Di album ini juga saya masukkan permainan gitar rock, karena di album sebelumnya nggak ada sama sekali. Karena album kemarin lebih menyesuaikan dengan konsep yang lebih etnik.

Selengkapnya di GitarPlus edisi 59.

0 komentar:

Posting Komentar

 

guitar rock online kursus Design by Insight © 2009